Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Perdagangan Internasional dan Manfaat Perdagangan Internasional

Apa itu perdagangan internasional? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian perdagangan internasional dan manfaat perdagangan internasional. Berikut ini penjelasan tentang pengertian perdagangan internasional dan manfaat perdagangan internasional.


A. Pengertian Perdagangan Internasional

Perdagangan berasal dari kata dagang yang menurut kamus lengkap bahasa Indonesia berarti kegiatan menjual dan membeli. Sehingga, pengertian perdagangan internasional bisa diartikan sebagai kegiatan menjual dan membeli produk yang terjadi antar negara yang dilakukan individu dengan individu, individu dengan pemerintah, atau pemerintah dengan pemerintah. Pada umumnya, negara-negara di dunia melakukan perdagangan internasional untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan demikian, ekspor dan impor merupakan bentuk kegiatan perdagangan internasional. (Baca juga artikel : Macam-Macam Kebijakan Perdagangan Internasional)

Dari uraian di atas, pengertian perdagangan internasional (international trade) dapat didefinisikan sebagai kegiatan transaksi dagang antara satu negara dengan negara lain, baik mengenai barang ataupun jasa-jasa, dan dilakukan melewati batas daerah suatu negara. Misalnya Indonesia mengadakan hubungan dagang dengan Prancis, Jepang, Cina, Amerika Serkat, Singapura, Malaysia, dan lain-lain.

Dengan demikian perdagangan internasional (antarnegara) memungkinkan terjadinya berbagai aktivitas. Aktivitas dalam perdagangan internasional antara lain :
1. tukar-menukar barang-barang dan jasa-jasa,
2. pergerakan sumberdaya melalui batas negara, baik sumber daya alam, sumber daya manusia, maupun sumber daya modal,
3. pertukaran dan perluasan penggunaan teknologi, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi negara-negara yang terlibat di dalamnya,
4. memengaruhi perkembangan ekspor dan impor serta Neraca Pembayaran Internasional (NPI) atau Balance of Payment,
5. kerja sama ekonomi antarnegara di dunia.

B. Manfaat Perdagangan Internasional

Manfaat perdagangan internasional. Kegiatan perdagangan internasional memberi banyak manfaat atau keuntungan bagi negara yang melakukan perdagangan internasional, termasuk bagi Indonesia. Manfaat-manfaat atau keuntungan dari perdagangan internasional adalah sebagai berikut :

1. Manfaat Perdagangan Internasional sebagai Sumber Devisa
Dengan mengekspor (menjual) bermacam barang dan jasa, negara kita akan memperoleh devisa. Devisa adalah semua benda yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran internasional. Devisa bisa berbentuk mata uang asing, emas, wesel, cek, dan surat-surat berharga lainnya. Devisa yang diperoleh suatu negara dapat digunakan untuk membayar impor dan lain-lain.

2. Manfaat Perdagangan Internasional untuk Menjaga Stabilitas Harga
Harga suatu barang cenderung meningkat bila jumlah barang yang dimaksud tidak bisa memenuhi permintaan pasar, dengan kata lain jumlah barang lebih sedikit dibanding permintaan. Agar harga tidak terus naik, pemerintah dapat mengimpor barang yang sama sehingga harga dapat stabil kembali.

3. Manfaat Perdagangan Internasional dalam Memperluas Lapangan Kerja
Perdagangan internasional dapat memperluas lapangan kerja. Peningkatan permintaan luar negeri terhadap hasil produksi Indonesia, akan mendorong pengusaha membangun pabrik baru yang membutuhkan tambahan tenaga kerja.

4. Manfaat Perdagangan Internasional dalam Mendorong Alih Teknologi
Barang-barang impor yang berteknologi tinggi seperti komputer, handphone, kapal selam dan pesawat tempur, mengharuskan masyarakat memahami dan mampu mengoperasikan barang-barang tersebut. Hal ini mendorong terjadinya alih teknologi dari negara pengekspor (negara maju) ke negara pengimpor (negara berkembang).

5. Manfaat Perdagangan Internasional dalam Memperluas Konsumsi
Dengan perdagangan internasional, hasil produksi suatu negara dapat dikonsumsi secara lebih luas ke negara lain. Misalnya, buah kiwi dari Selandia Baru dan kurma dari Arab bisa dinikmati di banyak negara. Demikian juga berbagai hasil produksi pabrik, seperti TV, kulkas, handphone dan komputer bisa dikonsumsi oleh banyak negara.

6. Memperoleh Barang dan Jasa yang Tidak Bisa Diproduksi Sendiri
Satelit adalah salah satu contoh barang yang tidak bisa diproduksi oleh negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Indonesia memperoleh satelit dengan cara membeli dari Amerika. Selain satelit, masih banyak barang lain yang tidak dapat diproduksi Indonesia dan harus diperoleh melalui perdagangan internasional.


Pengertian Perdagangan Internasional dan Manfaat Perdagangan Internasional

7. Manfaat Perdagangan Internasional dalam Meningkatkan produktivitas dan Efisiensi Produksi
Dengan berkonsentrasi/berspesialisasi memproduksi barang-barang yang biaya produksinya murah, faktor produksi yang dimiliki bisa dialihkan untuk memproduksi barang tersebut sehingga produktivitas input akan meningkat dan proses produksi dapat lebih efisien

8. Manfaat Perdagangan Internasional dalam Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi
Spesialisasi produksi, penemuan teknologi baru, dan pasar yang semakin luas karena adanya perdagangan internasional membuat roda perekonomian berputar lebih cepat, sehingga pertumbuhan ekonomi juga akan lebih cepat.

9. Manfaat Perdagangan Internasional dalam Memperluas Daerah Pemasaran
Adanya perdagangan internasional menyebabkan pasar yang bisa dijangkau produsen semakin luas, karena tidak hanya pasar dalam negeri saja tetapi juga pasar luar negeri.
(Baca Juga : Faktor-Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional)

Demikian penjelasan singkat kami tentang pengertian perdagangan internasional dan manfaat perdagangan internasional. Semoga artikel kami yang membahas tentang pengertian perdagangan internasional dan manfaat perdagangan internasional bermanfaat untuk para pembaca.

Posting Komentar untuk "Pengertian Perdagangan Internasional dan Manfaat Perdagangan Internasional"