Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah 8 Faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Internasional

Faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian perdagangan internasional dan manfaat perdagangan internasional, sekarang kita akan membahas tentang faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional.


Faktor-Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah suatu proses pertukaran barang dan jasa yang dilakukan dengan melewati batas negara. Adanya perdagangan internasional akan mengakibatkan terjadinya ekspor impor yang mana impor adalah membeli barang dari luar negeri, sedangkan ekspor adalah menjual barang ke luar negeri. Lantas mengapa bisa terjadi perdagangan internasional? Mengapa suatu negara berdagang dengan negara lain? Ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional. Faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional adalah:

1. Perbedaan Sumber Daya Alam
Setiap negara tidak memiliki sumber daya alam yang sama. Indonesia terkenal kaya akan sumber daya alam, tetapi belum memiliki kemampuan yang memadai untuk mengolahnya. Hal ini mendorong Indonesia untuk menjual bahan baku atau bahan mentah seperti kayu, minyak bumi, batu bara, timah dan karet ke negara lain untuk diolah. Contoh lain, Saudi Arabia memiliki ladang minyak bumi yang besar, tetapi memiliki sedikit lahan subur. Hal ini mendorong Saudi Arabia untuk mengekspor minyak bumi dan mengimpor berbagai hasil pertanian dan perkebunan untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan demikian, terjadilah perdagangan internasional.

2. Selera (Kesukaan)
Selera bisa mendorong terjadinya perdagangan internasional. Selera atau minat masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap apel Amerika dan pear Shandong dari Cina, mendorong Indonesia untuk mengimpor buahbuahan tersebut. Artinya, Indonesia telah melakukan perdagangan internasional dengan Amerika dan Cina.

3. Penghematan Biaya Produksi
Bagi negara berkembang yang belum memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju, merancang dan membuat sendiri sebuah handphone, akan menghabiskan biaya produksi yang jauh lebih mahal dibanding bila negara tersebut membelinya dari negara lain. Dengan alasan ini, Indonesia lebih suka mengimpor handphone daripada memproduksi sendiri. Selain itu, bagi negara produsen handphone, perdagangan internasional memungkinkan mereka dapat menghemat biaya produksi, karena memproduksi dalam jumlah besar biaya produksi rata-ratanya (average cost) lebih murah.

4. Perbedaan Teknologi
Perbedaan teknologi mendorong terjadinya perdagangan internasional. Negara maju berteknologi tinggi yang mampu menghasilkan berbagai produk modern, sangat ingin menjual produknya ke negara lain dengan tujuan memperluas pasar dan memperoleh keuntungan. Adapun negaranegara berkembang yang berteknologi sedang atau rendah, menghendaki perdagangan dengan negara maju agar dapat menggunakan produk mereka dan sebagai sarana alih teknologi.

5. Ingin Meningkatkan Keuntungan
Produsen memproduksi dan menjual produk dengan tujuan memperoleh keuntungan. Apabila produsen tersebut menjual produknya sampai ke luar negeri maka keuntungan yang diperoleh akan meningkat.

6. Perbedaan Faktor Produksi
Selain faktor produksi alam, suatu negara mempunyai perbedaan kemampuan tenaga kerja, besarnya modal yang dimiliki, dan keterampilan seorang pengusaha. Oleh karena itu, produk yang dihasilkan oleh suatu negara juga mengalami perbedaan, sehingga dibutuhkan adanya perdagangan internasional.

Faktor-Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional

7. Kondisi Ekonomis yang Berbeda
Karena adanya perbedaan faktor produksi yang mengakibatkan perbedaan biaya produksi yang dikeluarkan untuk membuat barang, maka bisa jadi dalam suatu negara memerlukan biaya tinggi untuk memproduksi barang tertentu. Sehingga negara tersebut bermaksud mengimpor barang dari luar negeri karena biayanya dianggap lebih murah.
(Baca Juga : Pengertian Perdagangan Internasional dan Manfaat Perdagangan Internasional)

8. Adanya Persaingan Antarpengusaha dan Antarbangsa
Persaingan ini akan berakibat suatu negara meningkatkan kualitas barang hasil produksi dengan biaya yang ringan, sehingga dapat bersaing dalam dunia perdagangan internasional.

Demikian penjelasan singkat kami tentang faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional. Semoga artikel kami yang membahas tentang faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional bermanfaat untuk para pembaca.

Posting Komentar untuk "Inilah 8 Faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Internasional"